Let’s Go Higher

images

Dalam hadits arba’in ke-21,

Dari Abu Amr, -ada juga yang mengatakan- Abu ‘Amrah, Suufyan bin Abdillah Ats Tsaqofi radhiallahuanhu dia berkata, saya berkata : Wahai Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, katakan kepada saya tentang Islam sebuah perkataan yang tidak saya tanyakan kepada seorangpun selainmu. Beliau bersabda: Katakanlah: saya beriman kepada Allah, kemudian berpegang teguhlah.(Riwayat Muslim).

Dalam hadits tersebut Rosululloh saw. menjelaskan tentang Islam sebagai dua poin. Poin pertama adalah kalimat tauhid, saya beriman kepada Allah. Sedangkan poin kedua adalah istiqomah atau berpegang teguh. Islam adalah agama yang sempurna, mencakup seluruh aspek kehidupan, terbayang kan bagaimana kompleksnya(?). Tapi rosululloh yang dikaruniai kecerdasan oleh Alloh swt memahami konsep “sistem” jauuuh sebelum para ahli seperti McLeod dan Beynon mengemukakan tentang pengertian sistem. Sistem  adalah suatu konsep yang dibuat untuk memudahkan pemahaman pada sesuatu. Melalui system thinking seseorang akan dengan mudah memahami secara holistik(menyeluruh) fenomena-fenomena yang begitu kompleks. Rosululloh begitu paham maka ketika Abu Amr bertanya mengenai Islam, maka beliau sabdakan yang mudah dipahami yaitu sebuah kalimat tauhid kemudian barulah konsekuensi dari kalimat tersebut, yakni keistiqomahan.

Dalam sistem, perlu adanya kesepakatan mengenai elemen-elemen yang ada di sistem itu sendiri, hubungan antar elemen, serta boundaries dari suatu sistem. Maka dalam Islam ini semua sudah ada di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Beruntunglah orang-orang yang dikaruniai pemahaman akan sistem dan komponen-komponennya ini. Karena dia akan bisa merasakan indahnya helicopter view, yakni bagaimana kita bisa melihat suatu hal dari sisi yang lebih general. Misalnya saja fenomena “Baper” atau bawa perasaan yag kini sedang banyak menjangkiti, mudah kesal dan tidak terima dengan keadaan sekitar yang dirasa tidak sesuai. Baper merupakan bukti bahwa seseorang belum mampu menikmati indahnya berpikir general. Memikirkan hal-hal kecil dengan pandangan yang terbatas. Padahal kalau bisa naik beberapa meter sedikit, akan semakin terbuka pandangan. Memperhatikan yang detail tetap perlu, tapi membuka wawasan dan pandangan adalah sesuatu yang harus jika ingin menambah ide untuk menyelesaikan permasalahan yang kecil. Semoga Alloh menjauhkan kita dari kebiasaan Baper(terutama para cewek) dan senantiasa memudahkan kita dalam mengikuti ajaran Rosululloh saw. Let’s go higher and take the helicopter view!

Depok, 29 November 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s