Seimbang

Pada dasarnya, seluruh sistem di alam semesta ini akan mengarah pada keseimbangan. QS. Ar-Rahman:7-9 Alloh SWT. berfirman:

[7] Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia ciptakan keseimbangan.
[8] Supaya kamu jangan merusak keseimbangan itu.
[9] Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu.

Untuk mencapai keadaan seimbang, maka suatu sistem akan mempertahankan segala sesuatu yang sejalan dengan tujuannya dan akan mengeliminasi sesuatu yang menjadi hambatan dalam sistem tersebut. Kaitannya dengan kegiatan dakwah, maka hanya orang-orang yang se-visi lah yang akan mampu bertahan dalam orbit dakwah. Kalo dalam sebuah idiom dikatakan, Birds of the same feather flock together. Artinya, seseorang memiliki kecenderungan untuk berkumpul bersama dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dalam suatu hal. Bisa dalam hal kesukaan, kebiasaan, pemikiran, ataupun tujuan. Dari sini aku tertarik untuk mencoba menganilisis sistem yang ada di ODOJ untuk menjaga keseimbangan sistem yang ada agar masing-masing anggota dapat menjaga komitmennya terhadap grup untuk membaca Al-Qur’an minimal satu Juz dalam sehari.

Seperti yang kita ketahui juga, Whatsapp telah menjadi salah satu media komunikasi yang digemari. Salah satunya adalah untuk membentuk jaringan/komunitas dengan fitur create group yang dimilikinya. Ini dimanfaatkan oleh pengagas komunitas ODOJ (One Day One Juz) yaitu komunitas yang berkomitmen untuk membaca Al-Qur’an minimal  satu juz dalam sehari. Jika diambarkan dalam bentuk Causal Loop Diagram dan Stock Flow Diagram, system penjagaan komitmen dari anggota ODOJ adalah sebagai berikut:

CAUSAL LOOP DIAGRAM

1

Keterangan dan Penjelasan:
3.JPG

Reinforcing Loop 1
Semakin banyaknya pengguna whatsapp mempengaruhi banyaknya grup/komunitas yang terbentuk. Satu grup terdiri dari 2 orang atau lebih. Maka dengan banyaknya grup, maka tersebarnya informasi kepada satu individu menjadi lebih cepat. Penyebaran dan ajakan untuk menjadi komunitas ODOJ semakin mudah, terlebih lagi jika semakin banyak anggota ODOJ yang membantu penyebarannya. Jika ada yang tertarik untuk bergabung, dapat langsung ditambahkan dalam grup ODOJ yang masih menerima kuota.

Reinforcing Loop 2
Semakin banyaknya anggota ODOJ, maka system managemennya harus ditingkatkan. Salah satu program managemen pusat ODOJ adalah mengadakan agenda-agenda rutin dan event besar ODOJ sebagai branding dan eksistensi komunitas ODOJ. Agenda ini sebagai upaya menarik masyarakat untuk dapat bergabung menjadi anggota ODOJ.

Balancing Loop 1
Dengan adanya managemen, maka diperlukan juga aturan guna menjaga keteraturan komunitas ini. Salah satu ujuan terbentuknya komunitas ini adalah terbentuknya komitmen dalam diri masing-masing anggotanya untuk senantiasa membaca Al-Qur’an minimal satu juz dalam sehari. Untuk itu, dibuatlah sitem DO jika anggota tidak melapor kepada admin grup tanpa alasan yang jelas selama beberapa hari.

STOCK FLOW DIAGRAM
2

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa banyaknya pengguna whatsapp dan penyebaran ajakan untuk bergabung dalam grup ODOJ berpengaruh dalam peningkatan anggota grup ODOJ. Selain itu juga ada faktor managemen ODOJ pusat dan pengadaan agenda-agenda guna menarik anggota baru.

Namun, faktor lain justru berpengaruh dalam penurunan jumlah anggota grup ODOJ. Faktor-faktor tersebut adalah adanya aturan dan system Drop Out bagi anggota yang melanggar aturan grup. Hal ini untuk menjaga keseimbangan system yang ada agar masing-masing anggota dapat menjaga komitmennya terhadap grup untuk membaca Al-Qur’an minimal satu Juz dalam sehari.

Nah readers, pilihan ada di tangan kita. Apakah menjadi komponen pendukung setiap sistem yang bervisi surga, ataukah memilih mundur terpelanting dan akan digantikan dengan seseorang yang Alloh lebih cinta kepadanya. Karena keseimbangan tercipta bukan karena kuantitas, tapi kualitas komponen nya.

 

Depok, 9 Januari 2016

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s